Sabtu, 18 Februari 2012

Membuat Grab Button dengan kode

Teman-teman pasti sudah ngak asing ya sama Grab Button yang biasanya terpasang manis pada sebuah blog. Sering kali saya jadi ngiler melihat design-design blog button yang cute dan menarik tersebut, lalu saya memutuskan membuat button untuk blog saya. Ketika gambar sudah selesai dibuat dan dengan percaya diri saya menuju halaman Blogspot saya untuk segera memasangnya -sambil berharap nantinya akan ada yang bersedia ex-change button dengan saya- Tetapi ternyata saya harus gigit jari dan terpaksa menyimpan dahulu gambar itu karena ada satu permasalahan yaitu saya tidak tahu bagaimana saya harus melengkapi kode alamat URL sehingga bisa di copy paste oleh bloger lainnya.

Setelah beberapa hari mencoba gugling saya menemukan dua site yang memberikan tutorial mengenai How to Make a Button With Grab Button Code. Site pertama yang saya coba adalah tutorial dari A Heart For Home tetapi blog button saya ngak bisa muncul gambarnya. Berkali-kali saya coba tapi tetep saja hasilnya bikin gigit jari, sampai-sampai saya kirim email sama si empunya blog dan dijanjikan hari Senin (berarti Selasa di Indonesia) untuk kembali berkomunikasi. Wah ngak sabar dong harus nunggu sampai Selasa akhirnya saya cari site lainnya yaitu Blogging w/Amy  hasilnya masih belum ada juga, malah saya jadi makin ngak ngeh' sama yang dimaksud :) Sampai akhirnya pencarian terakhir pada eHow saya mendapatkan tutorialnya. 

Bagi teman-teman yang ingin membuat sebuah blog button atau mungkin yang sedang bingung bagaimana mendapatkan kode URL untuk gambar kalian, semoga step by step cara yang sudah saya coba ini bisa membantu.


1. Setelah Foto/ gambar sudah siap sekarang adalah langkah Up load gambar tersebut pada media on line. Bisa pilih Flickr atau Photobucket  (Saya menggunakan Photobucket karena sangat mudah)
Klik Direct Link atau HTML code untuk mendapatkan link gambar
2. Setelah link tersebut di copy, simpan pada sembarang halaman (bisa pada program Word , Wordpad atau Notepad)

3. Sekarang kita buka halaman Web Site ini untuk mendapatkan kode generator bagi gambar kita.

4. Isi kolom yang tersedian dengan Judul Blog , Alamat Blog dan Kode URL foto kita (Step 1)

5. Klik Preview (tombol berwarna kuning) lalu klik Get Code

 6. Lalu akan muncul seperti ini

7. Selanjutnya klik SELECT , copy dan paste pada blog

8. Sekarang kita buka halaman Blogspot untuk mempublikasikan blog button kita

9. OK... selangkah lagi button kita akan segera jadi :)
Add a Gadget pada dasboard blog kalian, pilih Html/JavaScript

10. Paste-kan kode generator (step 7) pada panel gadget

11. Klik SAVE dan taaarraaaaaaaaaaa...... sudah jadi :)
Sekarang teman-teman sudah punya blog button yang bisa dipasang di blog dan bisa saling bertukar button bersama teman-teman lainnya.

15 komentar:

  1. Informasi yang sangat berguna. Tks.
    Aku ada award untuk Ratih.

    BalasHapus
  2. Trima kasih mbak Pingkan. Waaw... senang sekali saya dapat Award ketika umur blog ini baru berumur satu bulan.

    BalasHapus
  3. Wah saya juga belum punya kancing untuk blog saya lo mbak. Thank you for sharing.

    BalasHapus
  4. mb ratih aq masih bingung bikin gambarnya gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf mbk baru sempat di bales (uda sebulan lebih nih) gmn, udah dpt gambarnya mbk :)

      Hapus
  5. Terimakasih Mbak atas tutorial bikin buttonnya^^, nanti dicoba ah... ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. haii mbk Atik terima kasih sudah mampir :)

      Hapus
  6. wah ini must try tuto... TFS mb ratih

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaaaaw... seneng sekali mbk Dini udah mampir, monggo dicoba mbk :)

      Hapus
  7. sip deh tutorialnya :) thanks mbak

    BalasHapus
  8. ini yg sy cari...makasi tutorial'y ^_____^

    BalasHapus
  9. oalah..begini ya caranya, terimakasih ya mbak untuk infonya.. ^-^

    BalasHapus