Jumat, 06 April 2012

Papertole Sederhana

Seni Papertole juga dikenal sebagai decoupage tiga dimensi. Decoupage berasal dari bahasa Prancis yang artinya memotong. Selain memotong dan menempel, untuk membuat Papertole yang indah diperlukan proses shading dan shaping untuk menciptakan efek lebih berdimensi. Setidaknya akan diperlukan  5 - 7 duplikat gambar untuk membangun sebuah konstruksi papertole.

Kali ini saya mencoba membuat Papertole dari Post Card Iklan / Reklame yang di keluarkan BAM (Bali Alternative Media). Post card ini sengaja saya kumpulkan dari beberapa Pusat Perbelanjaan di Bali. Sekali ambil bisa sampai 4 pcs untuk post card dengan gambar yang sama.  Tidak ada peralatan khusus yang digunakan untuk membuat papertole sederhana ini, selain gunting biasa & berujung bengkok , lem (biasanya menggunakan double tape berbentuk foam) dan pinset.


Alat yang digunakan
Post Card Iklan BAM 
Salah satu favorit saya adalah postcard iklan dari Drifter Surf Shop, Artwork yang tercetak pada setiap post cardnya sangat eye catching. 

Artwork : Brooke Reidt for Drifter

Artwork : Chris Del Moro for Drifter




Kertas bekas kalender juga bisa dibuat papertole (asalkan ada minimal 2 buah kalender yang sama) Yuk... buat Papertole sederhana dari bahan bekas pakai :)

4 komentar:

  1. waaah kereeen mba ratih, kpn kpn ajarin yuyun ya klo ketemuan :)

    BalasHapus
  2. makasi mbk yuyun. 'tar pasti aku main ke tempat mbk lagi ya :)

    BalasHapus
  3. menarik mbak Ratih.....tapi kalau gambarnya banyak 'lika-likunya' pasti memotongnya harus ekstra hati-hati ya ?!....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener Mbk Ati, motongnya sambil tahan nafas hihhihihii

      Hapus