Jumat, 06 Juli 2012

Kancing bungkus buatan sendiri Part II

Sebelumnya saya pernah mencoba membuat kancing bungkus dengan cara yang sangat manual , yaitu hanya dengan menggunakan kain, kancing jamur dan dijahit dengan tangan. Beberapa minggu lalu setelah membaca salah satu posting di grup FB, saya tertarik untuk melirik Hand Cover Button Tool Kit.

Awalnya karena saya sok tahu, saya pikir 2 buah alat yang digunakan untuk meng-ngepress kancing adalah dua buah tutup botol, ternyata bukan. Akhirnya (baru) saya ketahui alat yang menyerupai tutup botol itu bernama Hand Cover Button Tool Kit. Pucuk dicinta ulam tiba, berhubung harganya tidak terlalu mahal, tidak ada salahnya untuk mencoba.

Hand Cover Botton Tool Kit ini idealnya menggunakan keping kancing bawaan mereka. Sedangkan keping kancing bungkus yang saya miliki adalah buatan China (umum beredar di Indonesia) Walaupun saya tahu itu  tidak compatible tapi saya berharap masih bisa diakali sedikit. Perbedaan yang paling terlihat adalah pada bagian belakang keping kancing. Kancing Maxant bentuknya flat berbeda dengan buatan China yang hanya seperti mangkuk. Secara ketebalan jelas sangat jauh perbedaannya.

Akhirnya saya memutuskan membeli dan inilah Hand Cover Button Tool Kit dari Maxant.
Keterangan : Foto [1] merupakan keping kancing bawaan Maxant sedangkan Foto [2] adalah keping kancing buatan China keduanya berukuran 2,8 cm.
Pada foto diatas saya mencoba menggunakan keping asli dari Maxant dan menggunakan keping buatan China. Pada keping buatan China diperlukan akal-akalan dengan cara menutup pinggiran kancing dengan tang atau bisa dengan tangan. Karena keping kancing buatan China lunak atau empuk jadi kita bisa dengan mudah merapatkan pinggiran kancing bungkus tsb dengan tangan. Memang diperlukan sedikit kerja ekstra tetapi paling tidak alat ini berguna supaya hasil saat kita membungkus kancing lebih rapi.

Hand Cover Button Kit ini memiliki ukuran*) beragam, mulai dari ukuran 20,24,30,36,45,60 dan 75

*) Detail Ukuran Hand Cover Button Kit:
Ukuran 20 setara dengan diameter 1,2 cm
Ukuran 24 setara dengan diameter 1,4 cm
Ukuran 30 setara dengan diameter 1,9 cm
Ukuran 36 setara dengan diameter 2,2 cm
Ukuran 45 setara dengan diameter 2,8 cm
Ukuran 60 setara dengan diameter 3,8 cm
Ukuran 75 setara dengan diameter 4,8 cm

Ada yang berminat mencobanya ?

7 komentar:

  1. Mbak ratih beli alatnya di mana? smartyhands kah?

    BalasHapus
  2. Bukan mba, saya belinya di FB namanya Buttons Craft :)

    BalasHapus
  3. ukuran 28 koq ga ad ya

    BalasHapus
  4. Terima kasih mbak Ratih untuk infonya, penasaran juga ingin bikin sendiri kancing bungkusnya

    BalasHapus
  5. mba...maaf di fb buttons craft nya ga ada mba...yg poto profil nya gambar apa ya..

    BalasHapus
  6. "Thank you for nice information
    Please visit our website unimuda and uhamka"

    BalasHapus