Selasa, 11 September 2012

Blossom Craft by Fenny

Ngobrol-ngobrol bersama Fenny pemilik label Blossom Craft dari malang. Pertama kali saya bertemu langsung sama Fenny  beberapa bulan lalu tapi sebelumya saya sudah sering mampir juga di blognya.
Di bulan ini saya dan Fenny berkesempatan membuat Giveaway, Bila teman-teman ingin mendapatkan karya Fenny ikuti Giveaway duet kami ya. Sebelumnya yuk kenalan lebih dekat  bersama Fenny.

Dimulai dari pertanyaan paling umum, Sejak kapan  blossom craft by fenny berdiri?
Blossom Craft by Fenny berdiri pada akhir 2011 lalu sekitar bulan Desember dan tanggalnya sudah lupa hyahaha (sama aja kyk mbak ratih nih :p). Awalnya tertarik dengan kain felt dan tidak ada niatan untuk menjadikannya bisnis. Namun karena terlahir dari keluarga entrepreuneur (baca: kelurga bakulan) aku mulai berfikir untuk menambahkan nilai jual kedalam setiap produk craft yang aku buat ;)
Kenapa dinamakan  blossom craft by fenny ?
Aku suka bunga, apalagi yang sedang mekar2nya, cantik, fresh dan selalu ditunggu2 kehadirannya. Ya karena ‘nama itu adalah doa’ maka semoga produk yang aku hasilkan ini selalu cantik, fresh dan ditunggu2 kehadirannya oleh tiap pecinta craft :)
Produk blossom craft by fenny apa saja yang sudah diproduksi?
Blossom Craft by Fenny menghasilkan produk yang kebanyakan berfungsi untuk meng-organize barang2 yg ada disekitar kita. Jadi ada pouch, bb pouch, laptop case, passbook cover dll. Bahan utamanya adalah felt atau kain katun. Paling sering bikin pouch, karena pouch itu pasti dibutuhin oleh setiap orang, buat tempat pensil kek, tempat make up kek, tempat alat menjahit kek masih banyak lagi deh :)
Apa ciri khas dari produk yang dihasilkan oleh  blossom craft by fenny?
Blossom Craft by Fenny memiliki ciri khas terletak pada desain yang diusung, hasil akhirnya adalah terlihat manis, imut atau cantik. Jadi aku lebih memilih desain yang terlihat manis dari pada glamour atau mewah, karena menurut aku apapun yang terlihat manis setiap orang pasti ingin mengenalnya dari pada apapun itu yang terlihat glamour atau terlalu mewah. Pemilihan motif kain juga ikut turut andil loh dalam menentukan hasil akhir yang manis, imut atau cantik :)
Apa saja suka dukanya menjadi crafter di  blossom craft by fenny?
Dukanya adalah handmade masih dipandang sebelah mata oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Sedih ketika melihat orang lain lebih memilih tas branded luar negeri, padahal kita juga punya produk tas handmade yang gak kalah dengan produk pabrikan itu! Hoshh *emosi jiwa (hahaha)
Sukanya adalah aku bisa terus mendesain! Aku suka meng-create sesuatu, dan latar belakangku sebagai mahasiswa arsitek ternyata memiliki kesinambungan dengan hobbyku yang suka crafting. Apapun yg aku pelajari diperkuliahan bisa aku terapkan saat crafting, tentang warna, tekstur, keseimbangan, proporsi dll. Dan lebih dari itu aku selalu mengingat ingat kata2 salah satu dosenku, bahwa “masyarakat Indonesia adalah masyarakat pengrajin” (*Galih WP. FT-UB) dan aku bangga bisa hidup di nusantara ini, bangga bisa menjadi salah satu pengrajin, meskipun bukan pengrajin dinding gedeg atau atap rumbia yang akhirnya bisa dijadikan rumah adat, tapi dengan menghasilkan produk asli Indonesia dengan kreatifitasku sebagai anak bangsa, aku ingin mengenalkan craft Indonesia kepada seluruh mata didunia!
Sejak kapan fenny suka sesuatu hal yang berbau handmade?
Wah kalo ini udah sejak dalam kandungan kali ya? Hehehe :p mulai dari kecil emang suka milih sesuatu yang dibuat oleh tangan dari pada oleh pabrik, lebih tertarik dengan barang2 yg limited dari pada yang pasaran, dan lebih menghargai orisinalitas dari pada plagiasi.
Kreatif menurut fenny itu apa?
Kreatif itu adalah.. emm.. saat kita bisa menjawab setiap pertanyaan, dan memiliki solusi dari setiap permasalahan, itulah kreatif menurutku.
Sejauh ini, bagaimana fenny lihat tanggapan publik terhadap karya-karya handmade?
Tanggapan publik tentang handmade masih rendah, publik lebih memilih barang yang murah meriah dari pada yang memiliki nilai kreativitas dan kualitas yang tinggi. Boleh lah milih barang murah, tapi ya jangan kebangetan, pengen handmade tapi ditawar dengan harga murah! (*hahahaha curcol dikit ;p)
Harapan dan impian  fenny untuk  blossom craft  kedepannya?
Harapan ku adalah semoga Blossom Craft by Fenny bisa dikenal baik, pertama dikalangan crafter sendiri lanjut ke pecinta craft hingga masyarakat awam sekalipun. Semoga bisa mewujudkan segala mimpi serta angan2 yg selama ini ada didalam otakku. Semoga produk2 yang dihasilkan dapat meningkat kualitasnya dan semakin beragam. Amiiin3 :)

Nah Jangan lupa ikut Giveaway kami ya. Baca caranya disini. Good Luck :)


Dan untuk teman-teman yang mau berkenalan lebih dekat
Silahkan mampir di :
Fan Page : Blossom-Craft-by-Fenny
Blog : http://blossom-fenny.blogspot.com

2 komentar:

  1. ihiyy, aku kok kulu2 ya tp, hahaha

    BalasHapus
  2. salam sukses gan, bagi2 motivasi .,
    jujur dalam segala hal tidak akan mengubah duniamu menjadi buruk ,.
    ditunggu kunjungan baliknya gan .,.

    BalasHapus